Pages

Selasa, 14 Februari 2012

Baby blues :'(


Dulu waktu belum nikah sempet juga denger istilah “baby blues”. Dipikiran saya babynya-lah yang membiru, loh kenapa biru ya?... trus waktu hamil (pas control) ngebaca ada template didalem lift RS.Awal Bross, ternyata baby blues syndrome itu perasaan sedih, menangis, depresi yang dialami oleh ibu-ibu pasca melahirkan. Dalam pikiran saya, lebay banget ya… koq bisa depresi?..bukannya melahirkan itu adalah hal yang paling membahagiakan?...
Daaan setelah saya melahirkan khayla ternyata saya juga mengalami baby blues syndrome itu, ya ampun ternyata saya juga lebay… x_x
Gejala baby blues syndrome macem-macem sih:
1.       Perasaan cemas yang berlebihan, sedih, depresi, sering menangis
2.       Perasaan gak bisa mengurus baby
3.       Kelelahan dan sakit kepala
4.       Susah tidur
5.       Hilang minat untuk melakukan hal-hal yang membahagiakan
6.       Perasaan takut menyakiti si baby
7.       Tidak memperhatikan atau berlebihan memperhatikan baby
Baby blues syndrome yang saya alami ini yang pertama waktu hari pertama dan kedua setelah saya melahirkan. Pokoknya gak bisa tidur, tiap waktu ngeliatin si khayla terus, takut nafasnya sesak, takut ada yang culik, nungguin si khayla keluar mekoniumnya (mpup pertama baby), nungguin khayla nangis kenceng. Ya ampun pokoknya gak mau setedik pun saya lewatkan untuk gak ngeliat khayla.
Yang kedua selama 3 hari setelah khayla lahir, mama yang bantu-bantu dan ngajarin berbagai hal dalam ngurus bayi, mesti pulang (karena adek saya mesti sekolah). Tapi untung ada ibu mertua saya yang dateng tiap pagi dan pulang sore. Tapi itupun gak membuat rasa sedih saya ilang.
Buat saya yang paling bikin sedih itu adalah status saya sebagai seorang ibu, yang dituntut harus bisa ngurusin baby dengan baik dan benar, terus juga gak tega ngeliat baby yang nangis kalo lagi kehausan atau laper, karena pada minggu-minggu pertama asi saya dikit banget, mana pas pertama-tama nyusuin sampe meriang, puting susu lecet-lecet. Tapi Alhamdulillah sekarang udah lancar nyusuin khayla dengan posisi baring maupun duduk. Terus kadang gak tega ngeliat dia nangis karna kita kelamaan pakein baju, atau gantiin popok karna pup. Hufff… Belum lagi mikirin cucian, setrikaan baju-bajunya khayla, rumah yang berserakan. macem-macemlah…
Waktu nangisnya juga macem-macem, Nangis dikamar mandi sambil gosok-gosok badan, nangis waktu makan, nangis waktu pake baju, nangis waktu ngeliatin khayla, nangis waktu ngaca ngeliat badan udah gak kayak dulu, item-item di ketiak, perut yang diverban karna luka operasi, perut dan pantat yang udah bergelambiran kayak badut, mana pipi segede bakpao, pas cobain baju-baju sebelum hamil pada sempit semua. Ya ampuuunnn… gimana saya mesti mengembalikan bentuk badan saya seperti dulu????... sementara saya lagi menyusui dan gak boleh diet. Semoga datang keajaiban supaya badan saya bisa seperti dulu. Hehehehe…. Nangis karna waktu itu suami saya capek baru pulang kerja, bukannya perhatiin saya, malah baring dikamar (padahal dari dulu pertama nikah kalo dia capek emang selalu begitu dan saya ngerti), tapi sekarang koq sedih banget diginiin. Rasanya suami udah gak sayang lagi sama saya, karna saya udah jelek dan gendut, suami udah gak memperhatikan saya lagi. Hadehhhh…..
Pernah juga waktu itu saya nangis sambil peluk khayla, terus suami saya ngeliat. Dia nanya kenapa saya nangis?... Apa yang bikin saya nangis dan sedih. Saya juga bingung mau jawab apa, saya gak tau kenapa saya nangis. Pokoknya sedih…sediiiiiiiihhhhh…..
Akhirnya karna kasian ngeliat saya yang sering nangis-nangis, suami saya ngebolehin selama 2 bulanan saya dan khayla nyebrang kerumah mama (susahnya punya mama yang berprofesi jadi guru). Sambil belajar ngurusin bayi.
Semoga setelah saya balik kerumah lagi baby blues saya udah sembuh. Bisa jadi ibu yang ceria buat khayla dan istri yang ceria buat suami tercinta. I love my daughter n my hubby

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sobat

 
Copyright (c) 2010 Coretan Chayi. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes And Web Hosting Reviews.